Homemade - Grass Jelly with Fresh Milk (ala Chatime)


Ide ini diawali pada suatu malam dimana kami (my husband and I) pergi ke Chatime di jalan raya Darmo untuk membeli minuman kesukaan kami (suami saya sukanya Mango QQ, saya pribadi suka sekali dengan grass jelly with fresh milk), namun sesampainya kami disana ternyata tempatnya sedang dalam renovasi. Walaupun masih ada stand dan minuman yang dijual namun hanya terdapat 3 pilihan yang dapat dipesan, dan kedua minuman kesukaan kami tidak terdaftar pada pilihan tersebut.

Keesokan harinya, saya mengantarkan kakak saya ke Tobaku di jalan Kupang untuk membeli bahan kue ulang tahun suami saya, dan disana saya menemukan Nutrijell Cincau. Tiba-tiba saya terinspirasi untuk membuat sendiri grass jelly with fresh milk. Dalam posting ini saya ingin berbagi cara untuk membuat grass jelly with fresh milk buatan sendiri. Sahabat saya sekantor yang sama-sama menyukai grass jelly with fresh milk mengatakan bahwa rasanya enak dan mirip dengan aslinya.

Adapun bahan dan cara membuatnya adalah seperti berikut.

Bahan:
1 bungkus Nutrijell Cincau
10 sdm gula pasir (sesuai selera)
12 gelas air (sekitar 1.5 liter air)
Air yang digunakan sedikit lebih banyak daripada yang ada pada panduan yang tertera di belakang bungkus Nutrijell karena cincau yang digunakan harus sedikit encer (tidak terlalu keras) sehingga mudah untuk diminum/masuk sedotan (tanpa dikunyah).

Cara Membuat:
- Masukkan air, gula, dan Nutrijell Cincau ke dalam panci, rebus dengan api sedang dan aduk perlahan.
- Setelah mendidih, matikan api sambil terus diaduk sampai panasnya berkurang.
- Tuangkan jelly cair ke dalam gelas-gelas kecil (supaya lebih praktis).
- Masukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat dingin.
- Ketika jelly sudah dingin, potong jelly dalam gelas dengan menggunakan sendok.
- Tuangkan 20 ml susu dan aduk perlahan.
- Grass jelly with fresh milk siap untuk dinikmati.

Biasanya saya hanya menggunakan separuh dari resep ini (bisa jadi 5-6 gelas grass jelly with fresh milk), sehingga untuk 1 bungkus Nutrijell cincau saya bisa menggunakannya 2 kali (10-12 gelas grass jelly with fresh milk).





Selamat mencoba!

PS:
- Untuk kekenyalan jelly dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
- Biasanya saya membuat jelly-nya pada saat malam sehingga saat pagi langsung bisa saya bawa ke kantor.
- Jika jelly terlalu keras bisa diakali dengan cara merebus ulang jelly tersebut dengan menambahkan air.
- Baru-baru ini saya mencoba menggunakan susu Indomilk Vanilla untuk campurannya, dan ternyata rasanya jauh lebih enak.





Comments

Popular posts from this blog

Cara Membeli Voucher dari Website dealjava.com

Bakso Cak Kar - Singosari